Rabu, 31 Juli 2013

Mengenal 5 Macam Perangkat Jaringan Komputer

Mengenal 5 Macam Perangkat Jaringan Komputer
untuk yang belajar jaringan , mungkin postingan ini sangat membantu, perangkat apa saja yang harus di ketahui dalam jaringan komputer, naah sekarang agan silahkan cek post di bawah ini,,
Perangkat jaringan komputer adalah sebuah satu kesatuan perangkat untuk membentuk sistem komunikasi yang baik. Perangkat ini adalah router, switch, hub, kartu LAN, gateway, modem, firewall hardware, CSU / DSU, terminal ISDN dan transceiver. Dalam sebuah jaringan Ethernet atau WAN, komunikasi data tidak dapat dilakukan tanpa perangkat ini. Ketika ingin menjadi seorang IT profesional atau seorang administrator jaringan, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang perangkat ini.
Berdasarkan kebutuhan bisnis Anda, diharuskan untuk memilih perangkat terbaik untuk jaringan Anda dan sebelum pemilihan, pastikan bahwa mereka kompatibel satu sama lain. Dianjurkan agar Anda memilih semua perangkat untuk infrastruktur TI Anda dari vendor yang sama. Berikut adalah penjelasan yang lebih detail mengenai beberapa perangkat jaringan komputer.

Beberapa Perangkat Jaringan Komputer
Router
Router adalah perangkat komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda secara logis dan fisik. Fungsi utama dari router adalah untuk pemilahan dan distribusi dari paket data dengan berdasarkan alamat IP. Router menyediakan konektivitas antara perusahaan bisnis, ISP dan infrastruktur internet, sehingga router merupakan sebuah perangkat utama.
Switch
Seperti router, switch adalah perangkat cerdas yang memetakan alamat IP dengan alamat MAC dari kartu LAN. Berbeda dengan hub, switch tidak menyiarkan data ke semua komputer, ia akan mengirimkan paket data hanya ke komputer yang ditentukan. Switch digunakan dalam LAN, MAN dan WAN. Dalam sebuah jaringan Ethernet, komputer secara langsung terhubung dengan switch melalui kabel twisted pair.
Modem
Modem adalah perangkat komunikasi yang digunakan untuk menyediakan konektivitas dengan internet. Modem bekerja dalam dua cara yaitu modulasi dan demodulasi.
LAN Card
Kartu LAN atau adapter jaringan adalah blok bangunan dari sebuah jaringan komputer. Komputer tidak dapat berkomunikasi tanpa kartu LAN yang terpasang dan dikonfigurasi. Setiap kartu LAN disediakan dengan alamat IP yang unik, subnet mask, gateway dan DNS (jika ada). Sebuah UTP / STP kabel menghubungkan komputer dengan hub atau switch. Kedua ujung kabel memiliki konektor RJ-45 yang dimasukkan ke dalam kartu LAN dan satu di hub / switch. Kartu LAN dimasukkan ke dalam slot ekspansi di dalam komputer.
Multiplexer
Multiplexer adalah perangkat yang digunakan untuk menggabungkan beberapa sinyal listrik menjadi satu sinyal.

0 komentar:

Posting Komentar